Kamis, 29 Desember 2011

BAKTI PROFESI: SISTEM IRIGASI TETES SEDERHANA



Irigasi tetes adalah pemberian air secara perlahan di atas atau di bawah permukaan tanah dengan cara meneteskan air diatas permukaan, dibawah permukaan, penggelembungan, pemancar.

Penggunaan air dengan menggunakan sistem irigasi tetes pada tanaman budidaya dapat meningkatkan efisiensi penggunaan air. Pemberian air yang cukup adalah hal yang paling utama yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Selain pemberian pupuk setiap tanaman mencoba mengabsobsi kadar air cukupnya dari tanah untuk pertumbuhan.

Manfaat Penggunaan Irigasi Tetes

·         Pemberian air pada tanaman bersamaan   dengan nutrisi atau zat hara yang telahdicampur akan lebih efektif.
·         Irigasi tetes tidak memerlukan lahan yang luas untuk pemasangan sarananya
·         Tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak.
Cara membuat irigasi tetes adalah sebagai  berikut :

1.      Alat dan Bahan
Adapun alat dan bahan yang digunakan adalah pipa PVC diameter 1/2, pipa bis warna hitam, lem pipa, penyambung pipa, tangki/drum, kran.


2.      Cara Membuat
a.       Disiapkan pipa pvc ukuran ½ 5 batang.
b.      Lubangi pipa pvc seukuran pipa bis dengan jarak setiap lubang 28 cm.
c.       Dipotong pipa bis sepanjang 40 cm.
d.      Di masukkan pipa bis kedalam lubang pipa pvc.
e.       Di lem lubang pipa bersama dengan pipa bis.
f.       Dirakit Rangkaian pipa pvc dan pipa bis pada tanaman.
g.      Pipa tersebut di sambung dengan pipa lain yang  menyatu dengan tangki air.
h.      Tambahkan sambungan kran di pipanya.
i.        Dihidupkan pompa sehingga air dari tangki mengalir ke pipa dan dapat menyiram tanaman.

Lampiran:






















































Sumber: Bakti Profesi Mahasiswa Jurusan Teknik Pertanian Unsyiah Angkatan 2008 yang Beranggotakan Rizky Munandar, Jusdi S Berutu, Izza Nazila, Sri Purnama Sari, Hilda Vebrina.

13 komentar:

Anonim mengatakan...

Boleh juga idenya praktis dan efisien. Boleh tanya tentang pipa bis? Saya sudah gugling tapi belum berhasil dapat infonya. Pipa apa itu? Di pasaran ada produk dengan merek apa? Terimakasih dan selamat terus bekarya. Salam..

Shafwandi mengatakan...

pipa bis tu selang kecil yg biasa ada di pinggiran kursi mobil atau jok motor,,kalo di tempat kami pipa bis sebutannya,,mungkin di tempat saudara lain lagi namanya...

Anonim mengatakan...

Thanks, saya coba cari

Anonim mengatakan...

Solusi irigasi yg saya cari. Pipa bis bisa dibeli dimana? Tks

Shafwandi mengatakan...

pipa bis/selang bis bisa dibeli di toko aksesoris mobil dan motor,,

Anonim mengatakan...

Gambarnya kok kurang lengkap. coba jika bentuk sambungan pipa PVC dan pipa bis difoto, air yang menetes pada batang/tanah difoto, perkembangan tanaman difoto pasti lebih menarik. Tapi ini ada masalah gan, lama kelamaan pipa bis akan tersumbat lumut, apalagi jika dipakai campuran nutrisi / zat hara. Cara ini apakah sudah dipraktekkan dilapangan utk berapa musim? Perlu juga dikira biaya pembuatan dan operasionalnya apakah untung ?

Shafwandi mengatakan...

untuk gambarnya, kurang lengkap karena dari sumbernya juga tidak banyak gambarnya..sistem irigasi ini hanya dilakukan pengenalan pada masyarakat setempat dan belum diteliti apa yg menjadi pertanyaan sahabat :)

Anonim mengatakan...

Sistem Pertanian ini banyak digunakan di daerah Gurun, sistem pertanian ini banyak dikembangkan di Israel, Produk peralatan ini banyak dikembangkan perusahan Israel di China, India, Thailand, Singapura dan Taiwan.

black pearl mengatakan...

da carayang lebih sederhana lagi ga, , , atau saudara bisa jelaskan cara irigasi dengan infus , , , , , ,alnya dtmpt sy sumber airnya terlalu sulit pa lagi jau dari pemukiman

djajadi deni mengatakan...

Caranya sudah bagus MAS... mungkin saran saya bisa dipakai :

PENGAIRAN KONDENSASI " Pengairan penguapan sumber air bisa kaleng 5 l atau 10l kemudian ditutup media plastik diatasnya telungkup media air jarak 10cm. air akan menguap ke penutup dan menetes mengairi tanaman.. bisa sekali isi untuk 15 hari. APLIKASI LANGSUNG TANAH

PENGAIRAN KAPILARITAS : Tinggal buat media penampung air bisa 5l, 10l, 20l dll . tinggal dikasi sumbu, bisa sisa kaos bekas dll. tinggal dicelup dan ditaruh separuh masuk air dan separuh ditaruh diluar media air, air akan menetes mengairi tanaman bisa sangat lama. APLIKASI LANGSUNG TANAH

Qamaruz Zaman mengatakan...

salam,,bisa gak kita buat skala besar,,dan paralon nya diganti dengan selang plastik?saya mu coba ne besok di kebun cabe.

Shafwandi mengatakan...

Untuk sistem pengairan sederhana sangat banyak sistemnya dan bisa dilakukan dengan cara2 yg sederhana...semoga bisa bermanfaat bagi kita semua

irwan m. nur mengatakan...

pipa bis disini maksudnya mungkin selang ukuran kecil,kira2 ukuran diameternya 2 - 4 mm.

Poskan Komentar