Header Ads

INTEGRATED THRESSING GRADING MACHINE (ITGM)


ITGM atau Integrated Thressing Grading Machine adalah mesin pertanian yang dapat digunakan untuk merontokkan sekaligus mengupas padi menjadi beras dan memisahkan menirnya. Namun perlu diperhatikan, kadar air pada beras tidak boleh kurang dari 14 persen. Jika kurang, maka akan mengakibatkan beras menjadi patah. Alsintan ini dilengkapi dengan system control otomatis electric. Artinya semua system yang ada pada ITGM digunakan arus listrik dan arus ini saling berhubungan antara system yang satu dengan yang lainnya (seri) apabila pada salah satu system terjadi not regular contraction current, maka system ini akan terputus dengan sendirinya tanpa merusak system lainnya.


ITGM memiliki 4 bagian utama, yaitu :
1.            Thresher
Berfungsi untuk merontokkan padi. Padi yang telah dirontokkan kemudian akan dibawa ke Huller melalui tower pemindah. Pemindahannya didorong oleh angin yang dihembuskan oleh blower.
2.            Huller
Berfungsi sebagai pengupas bulir padi menjadi beras. Terdapat dua huller, dimana fungsi huller pertama adalah sebagai pengupas padi, namun jika ada padi yang tidak terkelupas dalam huller pertama maka akan dikupas pada huller kedua.
3.            Selector
Padi yang telah dikupas di huller kemudian akan di transfer lagi melalui tower pemindah ke selector. Selector berfungsi sebagai penyeleksi beras bagus dengan beras patah. Selector dilengkapi dengan rol pembersih, dimana jika ada beras yang terselip pada dinding selector, maka rol pembersih akan mendorong kembali beras ke dalam selector. Beras dengan kondisi bagus kemudian akan dikeluarkan melalui pipa output.
4.            Converyor
Beras patah dari hasil seleksi kemudian akan dialirkan ke Converyor yang kemudian akan dialirkan ke pipa output.

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.