Header Ads

MOWER


Mower adalah mesin yang digunakan untuk memanen rumput untuk makanan ternak dan lain sebagainya. Langkah pertama dalam memanen rumput makanan ternak adalah memotong/memangkas rumput dan merebahkannya dalam beberapa alur sejajar, Kebanyakan mesin mower yang digunakan dalam membuat rumput makan ternak sekarang ini memiliki suatu unit dengan roller dan impeller untuk meremukkan batang, agar proses pengeringan menjadi lebih cepat. Rumput makanan ternak ini biasanya dikeringkan di lahan selama tiga hingga empat hari untuk mencapai kadar air 16 hingga 30%.

Mesin mower dapat berupa yang berpenggerak sendiri (self-propelled) atau yang ditarik oleh traktor. Kemudahan operator dalam mengoperasikan mesin ini dapat dicapai bila benar-benar mengetahui cara mengoperasikan alat kendali pada mesin ini. Operator juga disediakan kabin yang nyaman dalam mengendalikan mesin di lahan. Untuk mesin mower yang ditarik traktor, operator harus selalu melihat ke depan untuk mengemudikan mesin dengan baik, dan juga harus selalu melihat ke belakang untuk memastikan mesin bekerja dengan baik. Kaca spion dapat membantu operator dalam hal ini. Untuk mesin berpenggerak sendiri, memiliki mekanisme pemotongan yang terletak di depan mesin, sehingga mudah diobservasi selama operasi sambil mengendarainya ke arah depan.

Untuk meningkatkan kapasitas mesin, mesin jenis ini juga telah dilengkapi dengan kemampuan pencapai kecepatan maju yang lebih tinggi, beberapa dilaporkan memiliki kecepatan hingga 15 mil per jam (24 km/jam). Bahkan pada kecepatan 8 hingga 10 mil per jam, operator harus telah benar-benar ahli untuk memastikan operasi dengan aman. Pada kecepatan yang lebih tinggi, getaran yang dialami operator akan sangat berpengaruh pada kondisi fisiknya khususnya yang memiliki potensi cidera pada tulang punggung.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.