Header Ads

BAKTI PROFESI: ALAT PEMARUT KELAPA SISTEM PEDAL


Kukuran/pengukur adalah suatu alat yang bergerigi yang digunakan untuk mengikis daging buah kelapa. Alat  ini bisa berbentuk silinder atau pun lempengan yang bergerigi yang biasa di letakkan pada sebuah bangku kecil. Alat pemarut kelapa ini merupakan suatu modifikasi alat pemarut kelapa yang murah dan mudah.


Alat Pemarut Kelapa Tipe Pedal


MANFAAT ALAT PEMARUT KELAPA SISTEM PEDAL
Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari alat pemarut kelapa sistem pedal ini dan yang paling menonjol yaitu lebih efesien dan murah. Hal ini disesbkan karena alat ini dibuat dengan menggunakan peralatan rumah tangga yang sudah tidak terpakai lagi. Alat ni dioperasikan dengan cara di kayuh sehingga tdak memerlukan energi listrik dan tenaga manusia yang dipakai lebih sedikit di bandingkan pemarut kelapa tradisional yang biasa dipakai.

1.      Alat
Alat-alat yang digunakan untuk pembuatan alat pemarut kelapa sistem pedal ini antara lain adalah mesin las, mesin bubut, mesin bor, gergaji, dan obeng.

2.      Bahan
Bahan yang digunakan adalah buah kelapa yang sudah dikupas dari kulitnya, kayu balok, kayu papan, pelak, sproket, rantai, pedal, paku, poros, bantalan, dan mur baut.

3.      Cara kerja pemarut
a.   kelapa yang sudah dkupas dari kulitnya disiapkan didalam bak penampung.
b.  Silinder digerakkan dengan mengayuh pedal
c.   Potongan kelapa dimasukkan kedalam lubang pemasukkan dan selanjutnya hasil parutan ditampung pada penampung yang telah dsiapkan.
d.  Alat dibersihkan setelah semua selesai


Lampiran:
Proses Pembuatan Alat Pemarut

Alat Pemarut Sebelum di Cat



Sumber: Bakti Profesi Mahasiswa Jurusan Teknik Pertanian Unsyiah Angkatan 2007 dengan Beranggotakan Basyirul Walad, Maspianda, Rahmat Danil Syahputra, Sapi'i, Vairul Hidayat

2 komentar:

  1. Menarik dan inspiratif...
    btw mau tanya, untuk pembuatan rol pemarut cara pembuatannya gmn y? pakai kawat atau paku mas?
    trimakasih

    BalasHapus
  2. cara pembuatannya adalah dengan memaku paku ukuran kecil di rol pemarut kemudian kepala paku dipotong...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.